Cara Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabai


Assalamualaikum.wr,wb.

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia.dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan pengalaman dan ilmu bagaimana Cara Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabai Yang Praktis,serta ramah lingkungan.

Menjadi petani adalah salah satu profesi yang mulia sekaligus menyenangkan.Disamping mendapatkan hasil kita juga akan menemukan kepuasan tersendiri mengikuti tumbuh kembang tanaman yang kita rawat terkhusus jenis palawija.Mulai dari pembibitan sampai menuai hasil dari tanaman kita.

Akan tetapi ada beberapa kendala yang dihadapi para petani dalam budidaya palawija,mulai dari tenaga kerja yang dikeluarkan,hama,penyakit,sampai pemberian pupuk yang dibutuhkan oleh tanaman itu sendiri.

Pada kesempatan ini,ilmu atau pengalaman yang ingin admin share ke teman teman adalah kendala yang kita hadapi setelah tanaman berbuah,yaitu hama lalat buah.

Lalat buah merupakan salah satu hama yang tergolong sulit untuk diatasi.Pasal nya para petani baru dapat mendeteksi tanaman yang di suntik lalat buah justru setelah lalat tersebut sudah tidak berada ditempat atau dilahan.sebab,lalat akan meninggalkan telur,kemudian setelah menjadi larva baru buah akan kelihatan corak atau busuk nya.

Pengalaman dari berbagai petani cara menanggulangi lalat buah begitu beragam.Salah satu nya dengan memasang perangkap.

Berbagai jenis perangkap dari beberapa merk dagang banyak dijual dipasaran,namun dari beberapa petani mengatakan cara tersebut dirasa masih belum begitu maksimal,dikarenakan dari berbagai merk perangkap ada beberapa yang mengandung perangsang untuk mengundang si lalat buah untuk datang.

Alternatif lain adalah biasanya dengan menggunakan perangkap hama yang tidak berbau atau mengandung perangsang.

Cara tersebut diatas dapat para petani muda Indonesia jadikan cara untuk menangkap hama.
Namun yang akan admin share kali ini adalah bagaimana Cara Membuat Perangkap Hama Sendiri.
Selain praktis,cara ini juga dapat melatih kreatifitas juga dapat menumbuhkan imajinasi kita.
Langsung saja

  • Bahan yang dibutuhkan :
  1. Botol bekas.(kalau dapat yang sudah berwarna kuning)
  2. Cat.(boleh kuas,dan spray) berwarna kuning
  3. Lem tikus (isi berwarna putih) merk apa saja
  4. Tiang kayu atau bambu
  • Langkah selanjutnya :


Buka dan buang tutp botol,kemudian cat semua botol (yang belum berwarna kuning) menjadi berwarna kuning,selanjutnya setelah kering pasang botol menggunakan tiang kayu atau bambu,pasang botol secara terbalik. Letakkan pada beberapa spot di areal lahan cabai,lalu lumuri botol dengan lem tikus,cukup keliling pada bagian atasnya saja,karena lem akan turun dan berlumur secara rata dengan sendirinya.

Admin merekomendasikan warna kuning dengan tujuan agar lebih menarik perhatian dari hama.Sedang penggunaan lem tikus ditujukan agar perangkap yang kita pasang tidak berbau.
Metode seperti ini sudah admin dan beberapa rekan petani lakukan,dan alhamdulillah dapat menekan
kerugian akibat hama terkhusus lalat buah.

Semoga dengan artikel singkat tentang Cara Membuat Perangkap Hama Lalat Buah Pada Tanaman Cabai untuk terus berkarya di dunia pertanian. ini dapat membantu dan memberi semangat bagi para petani muda Indonesia

Salam petani muda Indonesia.
Wassalam.

Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah