MADU MAKOTA ( TAKOMA )



Assalamu’alaikum. Wr, wb

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia.

Madu Asli Makota ( Takoma )

Madu Makota ( Takoma ) adalah madu yang dihasilkan dari lebah jenis apis cerana. Madu ini berasal dari dataran tinggi Simalungun, tepatnya di desa Sait buttu Saribu, kecamatan Pematang Sidamanik, sekitar sembilan kilo meter dari kawasan Danau Toba.

Adapun madu yang dihasilkan memiliki ciri khas dari pada jenis-jenis madu yang ada, seperti madu yang dihasilkan dari tanaman kaliandra dan kopi yang menjadi populasi tanaman terbanyak disekitar lokasi penangkaran, disamping jenis bunga yang juga beranekaragam.

Pada awalnya hampir semua petani merasa bahwa lebah yang bersarang di alam atapun di area perkebunannya adalah serangga yang berbahaya. Dikarenakan sengatan dari lebah itu sendiri. Terlebih lagi karena kurangnya edukasi dan pengetahuan dari para petani di daerah itu.



Hal inilah yang menjadi perhatian dan juga kesempatan bagi para petani muda yang tergabung dalam kelompok pegiat lebah madu untuk menjadikan lebah sebagai salah satu usaha penangkaran.

Slamat suryadi, S. Pd. I salah seorang petani muda yang telah berhasil dan juga menikmati hasil dari madu Makota, memulai usahanya karena melihat potensi alam yang begitu melimpah.

Beliau jugalah yang menjadi penyemangat bagi rekan-rekan pegiat lebah lainnya untuk ikut memanfaatkan potensi yang berlimpah seperti, jenis lebah yang beragam, jenis tumbuhan yang melimpah dan juga pasar yang menjanjikan.

Untuk saat sekarang ini, madu Makota bukan hanya sebagai penghasil madu saja, salah satu yang ditawarkan adalah eduwisata dalam bentuk integrasi lebah dengan tanaman kopi. Hal ini juga bertujuan  sebagai pembuka pola pikir dari para petani kopi, dan juga membangun kesadaran pentingnya menanam jenis bunga sebagai pengalih hama tanaman kopi dan juga pohon pelindung pada tanaman kopi. tentunya selain dari hasil madu itu sendiri.

Untuk pola eduwisata sendiri, para pengunjung yang datang akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, karena lokasi menuju daerah Nagori Sait buttu Saribu sendiri melewati hamparan kebun teh PTPN, juga akses menuju puncak Simarjarunjung dan Danau Toba.

 Selain mendapat ilmu pengetahuan tentang bagaimana cara budidaya, memanen, dan mengkonsep lahan integrasi, kita juga dapat menikmati manisnya madu secara langsung. Dan semuanya dalam satu paket tour Edu wisata kita.

Untuk pemasaran madu Makota saat ini sudah cukup luas. Pemasaran melalui online juga merupakan salah satu dari penjualan yang dilakukan.

Untuk stok sendiri makota mendapatkan pasokan dari beberapa pegiat lebah madu di daerah sekitar. Masing-masing anggota yang diketuai oleh Slamat suryadi memiliki sekitar 20 sampai dengan 30 STUP (kotak).

Untuk jenis madu yang dihasilkan antara lain,  apis cerana,  apis dorsata,  dan trigona, baik itama,torasica, apicalis, juga trigona leaviceps
Untuk trigona sendiri merupakan madu termahal. Hal ini disebabkan karena memang budidaya dari lebah jenis ini lumayan sedikit sulit,  disamping juga khasiat dari madunya yang lebih baik.

Untuk harga sendiri bervariasi, tergantung jenis madu dan juga tergantung dari ukuran dan volume pemesanan.

Untuk list harga dapat kita lihat dalam tabel Daftar Harga Madu Makota ( Takoma)

Itulah sedikit mengenai madu Makota. Semoga menjadi referensi bagi pembaca untuk datang berwisata dan menjadi pilihan kesehatan untuk madu yang dikonsumsi.


Wassalam.

Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah