Cara Permentasi Kotoran Ayam Pakai Pupuk Kimia


                                                                                                                     Assalamualaikum.wr,wb


Ilmu Pertanian Alam | Salam para petani muda Indonesia. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas Cara Permentasi Kotoran Ayam Pakai Pupuk Kimia.

Pupuk kompos merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting bagi semua jenis tanaman. Dari beberapa jenis pupuk kompos yang banyak dipakai oleh petani salah satunya adalah kotoran ayam.

Kebanyakan para petani mengaplikasikan langsung kotoran ayam tersebut kepada tanaman. Beberapa diantaranya ada yang mendinginkan  kompos tarsebut dengan cara menabur langsung ke bedengan sambil menunggu kompos tersebut terkena hujan atau menunggu dengan waktu beberapa minggu atau bulan sambil menunggu bibit siap tanam.

Seperti kita ketahui bahwa kotoran ayam mengandung gas dan juga panas yang sangat tinggi.Maka dari itu banyak para petani yang memesan kotoran ayam lebih awal, jauh sebelum musim penanaman. Hal itu bertujuan untuk mengurangi gas dan juga untuk mendinginkan kompos tersebut.

Namun ada cara terbaru bagaimana cara mendinginkan kompos tersebut sembari kita menyiapkan lahan dan bibit. Ya, caranya dengan mencampurkan langsung dengaan pupuk kimia ( TSP ).

Sebenarnya cara ini belum bisa kita pastikan adalah permentasi. Karena permentasi yang biasa kita lakukan adalah dengan menggunakan starter yang tidak berjenis kimia, seperti, mikro organisme atau sejenis bakteri lainnya. Dan beberapa ahli juga mengatakan pencampuran kimia dapat menyebabkan bakteri ataupun mikro organisme tersebut mati. Maka dari itu kali ini admin tidak menggunakan starter mikro organisme dalam proses permentasi, melainkan total memakai pupuk kimia ( Tsp ).

Karena dengan cara ini terbukti dapat melarutkan pupuk tsp yang keras dan sulit larut. Dan menurut pengalaman dari beberapa petani hasil dari tanaman yang memakai metode ini juga cukup baik dan efektip.

Terkhusus untuk tanaman muda (cabai, tomat, kol,kentang dll) biasanya yang kita lakukan adalah menabur kotoran ayam tersebut diatas bedengan sampai terkena hujan dan sampai benar-benar dingin, baru kemudian kita menaburkan jenis pupuk kimia (urea,tsp,kcl) sebagai dasar sebelum menutup dengan mulsa.

Untuk jenis pupuk tsp sendiri biasanya walaupun sudah sangat lama, bahkan sudah terkena hujan berulang kali, tetap sulit untuk hancur atau larut.

Jadi, persiapan yang kita lakukan adalah :

  • Kotoran ayam. Kotoran ayam disini adalah kotoran ayam yang masih panas, masih dalam karung
  • Pupuk kimia. Disini kita memakai TSP atau SP36
  • Terpal atau tenda atau plastik.


Cara kerjanya adalah :

  • Siapkan tempat untuk permentasi, boleh lubang atau tempat rata
  • Bagi karung berisi kotoran ayam menjadi empat atau lebih
  • Tuang karung berisi kompos untuk lapisan pertama, alas boleh diberi boleh tidak. Asal dipastikan tidak terkena air atau hujan.
  • Kemudian tabur pupuk tsp diatas lapisan pertama kotoran ayam yang masih panas tadi. Kemudian tuang kembali karung berisi kompos tadi untuk lapisan kedua. Kemudian tuang pupuk tsp lagi, dan begitu seterusnys sampai lapisan terakhir.
  • Banyaknya pupuk Tsp disesuaikan dengan banyaknya kotoran ayam atau sesuai kebutuhan pupuk dasar yang biasa kita pakai.
  • Kemudian tutp menggunakan tenda atau terpal. Jika menggunakan plastik maka tutup kembali bagian atas plastik menggunakan karung atau dedaunan sampai tidak tembus sinar matahari dan kedap udara.

Setelah tiga minggu atau lebih pupuk sudah bisa dibuka dan diaduk dan selanjutnya diangin- angin kan sebelum ditabur ke bedengan.

Pengalaman yang sudah kami lakukan biasanya pupuk kimia tersebut sudah hancur dan rapuh. Dan selanjutnya kita tidak perlu menabur pupuk tsp lagi ke bedengan karena sudah tercampur dengan kompos kotoran ayam.

Itulah Cara Permentasi Kotoran Ayam Pakai Pupuk Kimia. Selamat mencoba dan Terima kasih.


                 Wassalam


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah