Mengatasi Dan Menghindari Sengatan Lebah





Ilmu Pertanian Alam | Assalamualaikum.wr,wb. Salam petani muda Indonesia. Dalam kesempatan kali ini admin akan berbagi tips cara mengatasi dan menghindari engatan lebah.

Untuk beberapa orang mungkin mendengar kata lebah yang selalu terbayang adalah kata madu. Namun kita juga pasti akan teringat, selain madu pasti ada sengatan (entup).Walau tidak semua jenis lebah dapat menyengat dalam mempertahankan diri atau koloni mereka.Jenis lebah tertentu bahkan ada yang tidak menyengat sama sekali dalam mempertahankan diri,seperti jenis trigona (lanceng)

Namun yang akan kita bahas kali ini adalah jenis lebah yang dapat menyengat.

Ada beberapa orang yang biasanya akan mengalami rasa gatal setelah tersengat lebah, atau bahkan ada yang alergi sampai bengkak,walaupun ada juga beberapa orang yang akan tawar atau biasa saja setelah terkena sengatan lebah.

Untuk jenis lebah hutan atau ODENG ( multi flora) biasanya cenderung lebih berbahaya, karena untuk jenis yang satu ini bentuk serangan yang dilakukan adalah menyerang bersama atau mengeroyok. Berbeda untuk jenis serana yang biasa diternak para pegiat lebah atau orang (suku jawa) sering menyebutnya tawon unduhan.Jenis lebah ini tidak sampai mengeroyok, paling kita hanya akan mendapatkan beberapa sengatan saja.

Ada beberapa cara atau tips untuk mengatasi atau menghindari sengatan lebah, terkhusus untuk jenis lebah ternak.

Para pegiat lebah madu, didaerah kami contohnya para peternak biasanya sebelum bersinggungan dengan lebah yang dipelihara, yang kami lakukan adalah dengan memakai baju pelindung lebah, disamping juga menggunakan asap atau foging untuk menghindari stres lebah berlebihan.



Namun untuk kita yang tidak mempunyai baju pelindung, atau juga yang bukan peternak cara meminimalisir serangan adalah :

Yang pertama usahakan tidak membuat banyak gerakan berlebihan (spontan) yang membuat lebah seperti terkejut.

Yang kedua usahakan tetap tenang, walaupun sudah terjadi sengatan atau serangan. Hal ini dilakukan agar tidak memancing lebah yang lain untuk menyerang.

Kemudian yang ketiga adalah jangan memakai wangi-wangian jika ingin berada dekat dengan sarang lebah. Karena hal tersebut akan memancing para lebah untk menyerang.

Dan tips terakhir adalah, jika sudah terkena sengatan maka jangan lakukan pencabutan untuk mengambil sengat atau entup lebah. Caranya adalah cuckup  dengan menekan daerah sebelah yang disengat dengan menggunakan bahan seperti plastik, misalnya menggunakan kartu ATM atau kartu SIM dengan cara mengurut ke arah sengatan sampai sengatan tadi terlepas. Hal ini dilakukan untuk menghindari bengkak akibat sengatan tadi.

Setelah sengatan lepas pengolesan menggunakan jenis minyak kayu putih juga dapat (boleh) dilakukan.

Oke sahabat petani, cara-cara diatas adalah cara yang sering kami lakukan jika sewaktu memanen, atau mengontrol lebah, baik di kotak, maupaun sewaktu memeriksa gelodok ditempat pemasangan perangkap lebah.

Semoga pengalaman ini dapat membantu. Kalau sahabat petani juga punya cara-cara lain lagi, silahkan beri masukan dan saran-saran lainnya agar dapat membantu kita semua terkhususnya untuk para sahabat yang ingin menjadi peternak lebah, ataupun para sahabat yang alergi terhadap sengatan lebah.

Terimakasih, Wassalam.

Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah