Manfaat Lebah Pada Tanaman Kopi



Assalamu’alaikum. Wr, WB. 

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia.Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi. Dalam kesempatan ini admin ingin membagikan sedikit pengalaman tentang integrasi lebah🐝 dengan kopi.

Seperti kita ketahui, lebah menghasilkan madu sedangkan kopi membutuhkan penyerbukan. Jadi, keduanya merupakan bagian yang tidak kalah pentingnya bagi kita yang merupakan seorang petani.

Kopi merupakan bagian dari komoditi yang kita harapkan kualitas dan kuantitasnya dapat terbantukan dengan adanya lebah yang sekaligus dapat kita ambil hasilnya terutama madu.



Seperti kita ketahui, belakangan ini spesies serangga tidak terkecuali lebah sudah sangat jarang sekali kita temui. Tidak seperti sepuluh atau duapuluh tahun yang lalu, para petani bahkan sampai merasa agak sedikit risih karena terlalu banyak serangga yang berlalu lalang. Sementara untuk saat ini banyak petani yang menginginkan hal itu kembali karena sudah sangat jarang sekali kita temui serangga yang ada di lahan kopi kita.

Jadi sebagai seorang petani, sudah sepatunya kita menjaga ekosistem. Karena sebagai seorang petani juga kita pasti membutuhkan keseimbangan ekosistem.

Caranya adalah, dengan berternak lebah dilokasi perkebunan kopi.

Menariknya, perbedaan beternak lebah dengan berternak lainnya terdapat pada cara kita memberi pakannya. Jika ternak lain memberi pakan, pada lebah kita hanya menyediakan pakan.



Tugas kita hanya menanam berbagai jenis bunga dan tumbuhan. Selain menjadi sumber pakan lebah, manfaat lain dari bunga juga dapat mengalihkan hama pada tanaman kopi kita.

Beberapa bunga penghasil madu yang bisa kita tanaman seperti bunga air mata ppengantin yang bisa kita tanam di sela-sela tanaman kopi. Atau seperti bunga matahari dapat kita tanam di pinggiran lahan.

Kotak-kotak atau setup juga bisa kita letakan di semua sudut, tengah, pinggiran, dan spot-spot tertentu di lahan kita. Gelodok atau perangkap juga kita letakan disekitarnya, hal ini bertujuan apabila lebah pecah koloni agar masuk kedalam glodok dan dapat kita pindahkan kembali ke dalam kotak.

Untuk cara membuat perangkap lebah bisa kita buat dahulu glodok-gelodoknya dari batang pohon kelapa.

Dan untuk membuat kotaknya sahabat tani dapat melihat Cara Membuat Kotak Lebah.

Itulah sedikit tips tentang manfaat lebah pada tanaman kopi. Semoga bermanfaat bagi kita semua selaku petani Indonesia.

Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah