CARA MENANAM KOPI ARABIKA YANG BAIK

                                 
Assalamu’alaikum.wr, wb


Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi.

 Pada kesempatan kali ini pembahasan kita mengenai cara menanam kopi arabika yang baik dan efektif.

Mengapa cara menanam itu penting kita ketahui? Itu karena dalam ilmu tanam menanam, tentu selain baik dan benar kita tetap harus memperhatikan bagaimana keadaan tanaman yang akan kita tanam. Bukan hanya sekedar agar tanaman itu tumbuh, tetapi bagaimana proses tumbuh kembang yang baik dan sehat. Agar kelak apa yang kita tanam dapat menjadi kebaikan dan manfaat bagi semua makhluk hidup.

Pada pembahasan kali ini Ilmu Pertanian Alam hanya akan membagikan cara menanam. Untuk syarat tumbuh, cara membuat pembibitan, pemupukan, dan perawatan akan kita kupas di artikel lainnya di Ilmu Pertanian Alam.Karena agar lebih dapat terfokus pada satu-satu pembahasan saja.

Seperti kita ketahui bahwa Indonesia merupakan salah satu negara pemasok kopi terbesar, tetapi bukan penikmat dan peminum terbanyak. Itu artinya bahwa sebahagian besar kopi dari daerah kita adalah ekspor. Itu artinya prospek kedepan untuk budidaya kopi masih tergolong cerah.

Beberapa daerah dan beberapa tanaman kopi di Indonesia khususnya arabika tentunya ada dan pernah kita jumpai sudah tidak tumbuh dengan optimal. Selain tanaman yang sudah cukup tua dan varietas yang itu itu saja, beberapa alasan lain adalah pola tanam dari petani itu sendiri yang masih belum sesuai dengan SOP atau standart yang baik. Dari lubang tanam yang kurang dalam, proses pemindahan bibit ke polybag, juga cara pemindahan polybag ke lahan atau cara tanam yang masih cara lama.

Kita ketahui bahwa kualitas lahan pertanian kita tentu sudah tidak seperti jaman orang-orang tua sebelum kita. Selain iklim yang ekstrim, juga tingkat kesuburan tanah yang semakin menurun. Maka jika kita tetap menerapkan cara-cara menanam dulu maka jelas akan kurang maksimal.
Berikut cara menanam pohon kopi yang akan bahas.





  • Pastikan penanaman diawal atau pertengahan musim hujan.

Kita ketahui bahwa setiap tanaman tentu membutuhkan Air yang cukup.


  • Jangan membagi bibit terlalu banyak di tiap-tiap lubang yang akan ditanami. Untuk menghindari stress yang berlebihan. Cukup bagikan beberapa saja dibawah lima puluhan bibit.



  • Pastikan lubang tanam pohon kopi benar-benar steril dan siap untuk ditanami. Mencegah hama dan bahan kompos yang masih belum matang.



  • Cara Membuat Lubang  Tanam Kopi.  potong bagian bawah polybag sebelum tanam. Sekitar 1 sampai 2 inchi dari bawah.



Mengapa ini penting?  Ini adalah kunci dari masalah yang sering petani muda Indonesia alami. Banyak pohon kopi tua yang kita temukan tidak sehat dan berbeda dengan tanaman yang lainnya. Jika kita lakukan pengamatan bebarapa tanaman yang tidak sehat ini ternyata dikarenakan akar tunggang dari kopi kita bengkok dan mengarah kesamping. Selain lubang tanam yang kurang dalam hal ini ternyata disebabkan juga karena pada saat penanam banyak akar kopi yang dibiarkan keluar dari polybag dan tidak kita potong.

Untuk cara melepaskan tanaman dari dalam polybag cukup dengan menarik plastik keatas.
Masukkan bibit yang telah dipotong bagian bawahnya kedalam lobang tanam dan tarik plastik polybag, kemudian tutup dengan tanah halus dari sekitarnya. Pastikan tertutup seluruh akarnya dan tekan perlahan.

Itulah hal sederhana tetapi sangat perlu kita terapkan. Dikarenakan kerugian atau masalah  yang akan kita hadapi setelah usia kopi sudah beranjak dewasa bahkan tua. Maka tentunya perlakuan sejak dini harus benar-benar kita terapkan.
Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara menanam kopi arabika yang baik.Semoga bermanfaat bagi kita semua para petani muda Indonesia.

Wassalam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah