Manfaat Daun Eucalyptus Untuk Kesehatan

Assalamu’alaikum. Wr, wb


 

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi. 

Dikesempatan kali ini kita akan membahas mengenai manfaat daun Eucalyptus untuk kesehatan

Beberapa waktu yang lalu walau belum teruji dan diteliti sempat beredar kalau daun Eucalyptus dapat mencegah bahkan menyembuhkan pasien virus Corona

Seperti kita ketahui bahwa penelitian mengungkapkan kandungan daun Eucalyptus memiliki khasiat sebagai anti virus, anti bakteri, anti jamur, anti radang, anti nyeri, dan antioksidan. 

Untuk pengobatan secara herbal tanaman ini dipercaya baik mengobati penyakit seperti asma, sinusitis, bronkitis, dan radang gusi.

Sebagai obat herbal daun Eucalyptus dapat dimanfaatkan setelah melalui proses penyulingan  untuk menghasilkan minyak.

Untuk jenis dari tanaman Eucalyptus sangat banyak. Ada lebih dari ratusan jenis eucalyptus yang admin ketahui walau dari semua jenis-jenis tersebut masih banyak juga yang belum pernah kita lihat. 

Salah satu jenis Eucalyptus yang dapat dimanfaatkan sebagai minyak adalah Eucalyptus jenis citradora.

Manfaat lain yang diambil dari tanaman Eucalyptus adalah batang pohonnya, salah satunya diolah menjadi bahan baku bubur kertas. 

Seperti halnya hutan tanaman industri yang banyak kita jumpai didaerah seputaran danau toba, kesemua jenis eucalyptus ini nantinya akan diolah menjadi bahan baku kertas.



Ada beberapa jenis eucalyptus yang dapat kita temui di seputaran danau toba ini. Seperti eucalyptus jenis pelita, uropila, saligna, dan gerandis. 

Bagi beberapa masyarakat didaerah hutan eucalyptus dapat langsung memanfaatkan daun dari tanaman ini. Salah satunya sebagai sumber pollen bagi para pegiat lebah madu, juga memanfaatkan ranting kering yang jatuh sebagai kayu bakar.

Secara praktis, daun dari eucalyptus ini dapat langsung kita manfaatkan dengan meremas daun pucuknya menggunakan jari dan dapat langsung kita hirup aroma khas yang menyegarkan. 

Beberapa orang – orang tua terdahulu juga memanfaatkan daun muda eucalyptus ini sebagai obat masuk angin, dengan meremas dan langsung mengoleskannya diperut. Walau aromanya tidak begitu kuat seperti yang telah melalui proses penyulingan namun dipercaya khasiatnya masih tetap baik. 

Itulah manfaat dari daun Eucalyptus. Walaupun tidak dari jenis eucalyptus citradora, namun sahabat tani masih tetap bisa memaafkan daunnya. Terima kasih. 

Wassalam. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah