Manfaat Tanaman Jagung Untuk Kesehatan

        Assalamu’alaikum. Wr, wb


Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi. 

Dikesempatan kali ini pembahasan kita mengenai manfaat tanaman jagung untuk kesehatan. Terkhusus pada bagian buahnya.

Manfaat tanaman jagung sangat banyak sekali untuk kesehatan, selain rasanya yang nikmat tanaman jagung juga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh, sama seperti gandum dan padi, tanaman jagung banyak dibudidayakan oleh para petani Indonesia. 

Cara budidaya nya yang relatif mudah membuat banyak petani yang menanam jagung sebagai tanaman selingan atau bahkan tanaman pokok. 

Manfaat – manfaat lain dari tanaman jagung seperti, sebagai sumber polen dari nektar bagi lebah, pakan ternak baik buah maupun batang, juga dikesempatan lain kita telah membahas tentang manfaat tanaman jagung pada tanaman cabai.

Namun tetap harus kita ketahui bahwa masih banyak manfaat tanaman jagung untuk kesehatan tentunya pada bagian buahnya.

Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat pada jagung sudah pasti tidak diragukan. 

Tanaman jagung dapat menurunkan resiko kanker usus besar, karena jagung merupakan tanaman jenis biji-bijian. Karena menurut penelitian mengkonsumsi Biji-bijian dapat mengurangi resiko penyakit tersebut. Mengkonsumsi  jagung juga dapat membantu meringankan masalah sembelit dan wasir, itu karena kandungan serat yang ada di dalam bulir jagung. 

Serat makanan juga dapat membantu membuang kotoran dalam jumlah besar. 

Jagung juga baik bagi pertumbuhan dan juga sebagai penambah berat badan. 

Menurut penelitian, minyak jagung telah terbukti memiliki efek anti aterogenik pada kadar kolesterol, sehingga mengurangi berbagai risiko penyakit kardiovaskular. 

Minyak jagung, pada khususnya, adalah cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan ini berasal dari fakta bahwa jagung dekat dengan kombinasi asam lemak yang optimal.

Hal ini memungkinkan asam lemak omega-3 untuk menghilangkan LDL yang merusak atau kolesterol jahat. Sehingga ini dapat mengurangi kemungkinan arteri menjadi tersumbat, menurunkan tekanan darah, dan meminimalkan risiko serangan jantung dan stroke. 

Agar kebutuhan jagung dapat terpenuhi, sahabat tani dapat melakukan penanaman secara bertahap atau secara tumpang sari dengan tanaman lain. 

Dan agar lebih semangat dalam mengkonsumsi jagung, terutama bagi anak-anak, sahabat tani dapat mengolahnya menjadi berbagai bentuk macam olahan seperti bakwan jagung, tumis jagung, sup jagung atau sayur bening jagung untuk jenis jagung biasa atau jagung lokal. Buah yang diolah merupakan buah yang masih muda.


Sedangkan untuk sahabat tani yang menanam jenis jagung manis, olahannya sangat banyak sekali seperti, puding, bubur, es jagung dan masih banyak lagi. 

Bahkan untuk jagung manis, menurut om Bob Sadino sahabat tani dapat memakan langsung buah mentahnya dari pohon tanpa direbus atau dibakar terlebih dahulu. 



Mari kita tetap semangat dalam melakukan budidaya. Karena banyak manfaat dari apapun yang kita tanam. Terima kasih. 

Wassalam. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah