Membuat Nursery (Pembibitan) cabai Sendiri



                                                                                                                          Assalamualaikum.wr,wb
Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Dalam kesempatan kali ini admin akan membahas hal tentang Membuat Nursery ( pembibitan ) cabai.
Sebelumnya Admin mengucapkan terimakasih sudah berkunjung ke situs ini. Semoga dapat membantu para petani Indonesia khusus nya para petani muda yang masih semangat memajukan pertanian Indonesia.
Persemaian “Nursery”  Adalah kegiatan pembibitan atau persemaian, tempat pertumbuhan sementara bayi tanaman, agar tidak kaget dengan kondisi alam aslinya. Dengan nursery kita dapat mengurangi resiko kematian tanaman.
Kegiatan di persemaian merupakan kegiatan awal di lapangan. Karena itu sangat penting dan merupakan kunci pertama di dalam upaya mencapai keberhasilan penanaman itu sendiri.

Persemaian dapat di lakukan dengan jenis tanaman itu sendiri. Karena tanaman ada yang cocok dengan metode persemaian dan ada yang tidak cocok. Contoh, penanaman secara langsung berupa tanaman yang berbentuk biji-bijian yang agak kasar (benih bisa langsung di tanam karena berukuran besar) seperti jagung. Apabila benih yang terbilang halus (kecil) , pembibitan atau persemaian maka perlu di lakukan.
Akan tetapi tidak selamanya benih yang berukuran besar tidak perlu disemai, beberapa tanaman keras justru tetap memerlukan persemaian, tanaman kopi misalnya. Walaupun memiliki ukuran biji yang tergolong besar, cara menanam kopi tetap direkomendasikan untuk melakukan persemaian terlebih dahulu.

Kembali ke topik persemaian tanaman cabai. Seperti yang admin jelaskan diatas, bahwa jenis tanaman yang satu ini memiliki biji (benih) yang tergolong kecil. Walau ada dari beberapa petani yang melakukan penanaman (biji) langsung ke lahan, tapi admin tidak merekomendasikan. Disamping rentan terhadap serangan hama, persentasi tumbuh juga tidak maksimal. Tetap cara terbaik adalah melakukan persemaian. Selain bibit dapat terkontrol dengan baik, bibit yang siap tanam juga bisa kita jual kepada para petani dengan sisitem per meter, atau per polybag.

Keuntungan lain dengan membuat persemaian sendiri adalah kita dapat menentukan sendiri jenis bibit apa yang akan kita semai. Selain itu kita tidak akan takut kekurangan bibit karena kita memiliki stok bibit seniri.

Hal-hal yang perlu kita siapkan adalah, diantaranya lahan untuk tempat nursery, benih, dan juga beberapa alat lain nya seperti paranet dan juga plastik (putih transparan lebih baik ).

Kebanyakan para petani khususnya daerah kami di Simalungun banyak yang masih tergantung kepada bibit beli, hal ini menjadi suatu peluang tersendiri untuk kita yang hanya memiliki lahan yang terbatas. Caranya adalah dengan membuat nursery sendiri.

Untuk jenis bibit lokal kita bisa menjualnya dengan sistem per meter, sedang untuk jenis bibit hibrida kita bisa menjualnya dengan sistem per polybag atau perkemasan.

Cara kerja nya juga menyenangkan, mungkin dari beberapa sahabat petani ada yang sudah melakukan membuat nursery sendiri, mungkin hanya untuk kebutuhan sendiri.

Sitem persemaian juga ada dua macam,yaitu:  Persemaian cabai menggunakan Polybag Dan Langsung
                                                                     

Untuk para sahabat petani yang sudah mulai melakukan kegiatan ini kami sarankan untuk tetap semangat dan terus berinovasi, karena sistem pertanian kita yang sudah jauh ketinggalan dengan pertanian luar negeri. Minimal dapat menjadikan produktifitas pertanian kita terus meningkat. Seperti tehknologi sambung batang,cangkok dan cultur jaringan.


                                                      Contoh gambar pembibitan sederhana


Seperti salah seorang petani modern di daerah kecamatan Pamatang Sidamanik, bapak Suparno S.sos.I,MM, beliau telah berhasil menjadikan sekitaran rumah menjadi tempat nursery yang cukup menarik. Bertempat di Afd.II kebun Bah Butong ( seputaran air terjun Bah Biak ). Dengan beberapa varietas tanaman mulai dari jenis bibit cabai sampai jenis bibit tanaman keras seperti kopi disana ada.

Beliau mengaku untuk sampai saat ini masih kewalahan menghadapi pesanan bibit dari beberapa petani, itu semua karena memang permintaan bibit cukup banyak, mulai dari kecamatan Sidamanik sampai Kabupaten Karo.


Beliau juga yang membuat semangat beberapa petani muda untuk belajar dan membuat nyrsery sendiri. Ditempat beliau juga kita dapat sharring, belajar, dan sekaligus memesan jenis-jenis bibit.

 Karena kita ketahui bersama bahwa negara kita adalah negara dengan alam dan iklim yang sangat mendukung untuk kegiatan pertanian.

Wassalam


Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus
  2. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah