Cara Membuat Kotak Lebah




Assalamu’alaikum, Wr. WB. 

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi. Di kesempatan yang berbahagia ini admin mau membagikan sedikit pengalaman kami selaku pegiat lebah madu.

Cara membuat kotak lebah.

Stup atau kotak adalah tempat bersarangnya lebah yang kita pelihara. Sebenarnya memelihara di dalam gelodok kayu atau batang kelapa juga bisa. STUP digunakan untuk memudahkan kita, mulai dari pengecekan sampai pemanenan.

Untuk ukuran sendiri sebenarnya tidak ada ukuran baku, namun yang biasa kami buat dengan ukuran lebar papan pada umumnya, yaitu sekitar 20 cm. Lebar papan tersebut kami pakai untuk tinggi kotak nantinya. Sedangkan panjangnya 40cm, dan lebar 30cm.

Jangan lupa memberi lubang pada bagian samping bawah kotak dengan bentuk lubang memanjang sekitar 7 sampai 10 cm, tinggi lubang 1cm.



Untuk bahannya sendiri boleh menggunakan berbagai jenis kayu, yang penting jangan jenis kayu yang bergetah dan berbau.

Setelah kotak selesai dibuat, langkah selanjutnya kita persiapan bingkai ( frame )  untuk bagian dalamnya.

Bahan frame bisa terbuat dari plat asbes, belahan papan,  atau bambu. Dalam satu kotak memakai sekitar tujuh sampai delapan frame.


Pemasangan frame mengarah ke arah panjang kotak. Pada dinding kotak diberi penyanggah untuk tempat frame dipasang,  dan bagian bawah frame tidak menyentuh alas kotak (frame menggantung ).


Frame sendiri nantinya akan sering kita angkat sewaktu pengecekan dan pemanenan. Sedangkan fungsi dari kawat sebagai tempat lebah membangun sarang dan tempat pertama kita menggantungkan sarangnnya yang kita pindah dari gelodok. Untuk menggantungkan sarangnya pertama bisa dibantu dengan menggunakan karet gelang, dan untuk selanjutnya lebah pekerja akan membangun sarang dengan sendirinya.


Langkah terakhir adalah membuat tutup kotak. Pada bagian atas ini kita harus memberi lapisan seng atau terpal. Hal ini untuk mencegah air hujan masuk.

Pemasangan atau penempatan kotak dapat dilakukan setelah sahabat tani melakukan pemindahan lebah dari gelodok atau lebah dari alam, dengan Cara Memindahkan Lebah Ke Kotak.

Selanjutnya penempatan dapat dilakukan di sekitar pekarangan rumah dan disekitar pinggiran kebun kita. Selain menghasilkan madu, ada juga Manfaat Lebah Pada Tanaman Kopi.

Itulah sekilas tentang cara membuat kotak lebah atau kotak lebah.Semoga membantudan terus berkarya.
Terimakasih.

Wassalam.

Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah