Cara Mengatasi Hama Monyet Pada Tanaman Jagung



 Assalamualaikum. Wr, wb

Ilmu Pertanian Alam |  Salam petani muda Indonesia. Pada kesempatan kali ini admin ingin berbagi dan mengulas pengalaman admin tentang pengendalian hama  pada tanaman  jagung. Dalam hal ini adalah hama monyet.

Sahabat tani semuanya, jagung merupakan tanaman musiman yang banyak di budidayakan oleh para petani.Walau tidak menjadi tanaman pokok, tetapi tanaman yang memiliki nama ilmiah Zea Mays ini merupakan jenis tanaman yang hampir semua petani pernah menanamnya. Disamping tidak membutuhkan keahlian khusus, menanam jagung juga tidak memerlukan modal yang terlalu besar.

Beberapa petani biasanya memanfaatkan tanaman jagung sebagai pelindung pada tanaman cabai. Sebagian lainnya memang terkhusus menanam jagung setelah tanaman cabai selesai panen atau mati, biasanya akhir bulan dua  atau akhir bulan tiga.

 Selain berakhirnya masa panen cabai dan sambil menunggu musim tanam di bulan delapan, penanaman jagung pada sekitar bulan dua dan tiga juga masih mendapat curah hujan yang cukup, serta waktu panen yang memasuki musim panas ( kemarau ) yaitu pada bulan tujuh atau delapan.

Tetapi selain keuntungan yang kita bahas dari menanam jagung, tak lupa pula kita mengingat akan kendala yang dialami. Salah satunya adalah serangan hama babi hutan dan juga monyet.

Monyet biasanya mulai masuk ke areal kebun jagung disaat tanaman jagung sudah mulai berbuah muda sampai buah setengah tua atau kering. Biasanya ditandai dengan buah yang hilang dari pohonnya. Berbeda dengan serangan hama babi hutan yang pasti merebahkan batang jagung, pada hama monyet batang jagung masih terlihat kokoh berdiri, hanya saja sudah tidak ada buahnya lagi.

Bagi kebiasaan petani, cara mengatasi serangan monyet ini adalah dengan menjaga areal kebun mulai pagi hingga sore hari. Tetapi cara ini dirasa kurang efektif, karena menyita waktu yang cukup banyak.

Serangan monyet biasanya saat pagi hingga sore hari, atau malam saat terang bulan. Sedangkan serangan babi hutan biasanya saat pertengahan malam hingga menjelang pagi.


Ada cara unik yang kami lakukan disaat menjaga tanaman dari serangan monyet. Caranya dengan membuat areal ladang jagung tetap berisik. Salah satunya adalah dengan membuat Kincir Angin dari bambu yang diberi kaleng bekas. Atau memasang radio diareal kebun.

Hal ini diharapkan dapat mengecoh kawanan monyet yang mengira pemilik ladang berada di tempat. Dan cara ini cukup efektif untuk sahabat petani terapkan.


Untuk suara sendiri tergantung pada kaleng yang digunakan, tutup kaleng dapat diganti dengan memasang karet balon yang diikat untuk suara yang lebih ngeBas.

Pemasangan kincir diletakkan pada tiap-tiap sudut, tengah, dan pinggir lahan, dengan posisi lebih tinggi dari pada pohon jagung. Sedangkan jika menambahkan radio maka cukup kita letakkan saja di dalam gubuk di areal kebun kita.

Itulah sedikit tips Cara Mengatasi Hama Monyet Pada Tanaman Jagung.

Cara diatas adalah pengalihan dan tidak membunuh dari pada spesies monyet.Dan perlu kita sadari bersama sebab kawanan monyet yang mengganggu tanaman kita adalah karena kurangnya sumber pakan yang tersedia di alam.

Dan perlu kita sadari lagi pentingnya menjaga ekosistem dan penanaman pohon untuk ketersediaan pakan bagi sesama mahkluk ciptaannya. Semoga artikel ini dapat membantu.

Wassalam.

Komentar

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q

    BalasHapus
  2. ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah