Manfaat Tanaman Jagung Pada Tanaman Cabai


                                                                                                                 
                                                                                                                        Assalamualaikum.wr,wb

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi. Bagi para pengunjung situs kami, semoga artikel ini dapat membantu. Dan rahmat Tuhan selalu menyertai kita.Amin.

Dalam kesempatan kali ini admin akan membagikan pengalaman admin sebagai seorang petani,khusus nya pada kesempatan kali ini kita akan membahas Manfaat Tanaman Jagung Pada Tanaman Cabai.

Sudah seyogya nya semua mahkluk pasti tidak dapat tumbuh dan hidup sendiri tanpa bantuan dari makhluk lain nya.Begitu juga pada tumbuhan khusus nya jenis tumbuhan muda.Contoh nya pada tanaman  cabai.Ada jenis tanaman yang membutuhkan tanaman lain nya karena memang jenis tanaman tersebut sifat nya menumpang(jenis parasit),atau menjalar.Ada juga tanaman yang sebenar nya dapat hidup sendiri tanpa bantuan tanaman lain sebagai pelindung,namun jika ada atau diberi pelindung maka, tanaman tersebut akan jauh lebih baik dan sehat lagi.contoh nya seperti tanaman kopi.

Terkhusus yang akan kita bahas kali ini adalah Pelindung Pada Tanaman Cabai.

Tanaman cabai merupakan jenis tanaman yang banyak dibudidayakan oleh para petani.Dengan berkembang nya jaman dan maju nya tekhnologi,cara budidaya juga terus berkembang mengikuti pola nya.Seperti misal nya pada jaman dahulu orang-orang tua kita belum mengenal yang namanya pola tanam menggunakan Mulsa, bibit hibrida, bahkan pupuk kimia dan pestisida juga sifat nya hanya membantu secukup nya.Hal tersebut dikarenakan selain tekhnologi yang masih seadanya, juga Alam atau lahan pertanian kita juga masih subur dan belum tercemar.

Jenis hama juga masih belum banyak berkembang dan berkamuflase.Karena semakin ceroboh cara kita memberantas hama, maka hama dapat menjadi semakin kebal (resistan) terhadap jenis pestisida tertentu. Belum lagi predator alam (seperti semut,laba-laba dll) juga ikut mati akibat pestisida yang kita aplikasikan secara berlebihan.

Kembali ke masalah Pelindung Pada Tanaman Cabai. Selain dapat meminimalisir perkembangan hama, manfaat lain dari tanaman pelindung adalah sebagai penahan dari musim angin kencang(khusus nya daerah pegunungan),sebagai pemecah air hujan, penahan panas ,menjaga kelembaban udara,juga sekaligus sebagai pengalih bagi beberapa hama.

Pengalaman admin dalam budidaya cabai adalah dengan memanfaatkan jenis tanaman jagung. Selain tanaman jagung lebih tinggi dari tanaman cabai, jenis kutu-kutuan juga dapat teralihkan, disamping kita pasang Perangkap hama  Pada Tanaman Cabai, tentunya hasil panen dari jagung tersebut juga ada. Selain Manfaat Tanaman Jagung Untuk Kesehatan juga tentunya. 

Disini admin memakai benih jagung Hibrida karena cukup kokoh untuk menahan angin. Bagi para sahabat tani yang ingin memanfaatkan benih jagung lokal atau jagung manis sebagai pelindung juga sah - sah saja, jadi dapat menurut selera.

 


Sebenarnya untuk jenis tumbuhan lamtoro juga dapat kita manfaatkan sebagai pelindung (kalau ada), namun kendala yang sering dihadapi adalah lahan yang kita pakai adalah lahan milik orang lain (sewaan).Sehingga, selain kurang efisien dari segi waktu, kita juga perlu permisi dahulu kepada pemilik lahan.Maka, admin merekomendasikan tanaman jagung sebagai pelindung.

Sama seperti umumnya tanaman muda ,tanaman jagung juga mempunyai umur yang hampir sama dengan cabai,sehingga kita harus mengetahui kapan saat yang tepat kedua tanaman ini ditanam.

Disini admin menggunakan metode tanam cabai menggunakan Mulsa (MPHP).

Tanaman jagung ditanam terlebih dahulu pada tiap jalur tengah yang akan di dipasangi mulsa. atur jarak sehingga tidak terlalu rapat dengan jaluran mulsa.Biasanya admin menggunakan jarak dua meter antara jalur mulsa yang satu dengan jalur mulsa yang lain..Dan diantara jarak tersebut lah tanaman jagung kita tanam.Sehingga jarak antara jagung dengan cabai sekitar satu meter.

Sembari mengolah lahan yang akan kita gelar mulsa dan ditanami cabai,maka tanaman jagung juga mulai tumbuh.Sehingga saat cabai mulai kita pindah tanam ke lahan,pohon jagung sudah setinggi antara 0,5 sampai 1 meter.jadi sudah dapat melindungi tanaman cabai kita..Biasanya jagung ditanam terlebih dahulu dengan interval 1 sampai 1,5 bulan,baru kemudian cabai dipindahtanam ke mulsa.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah iklim yang terjadi.Ketika kelembaban udara dan curah hujan yang tinggi di daerah kita maka, kita dapat mengatur nya dengan melakukan pemangkasan pada daun bawah jagung tersebut.Namun jika suhu terlalu panas,atau saat tanam kita bersamaan dengan curah hujan yang rendah maka,kita boleh membiarkan daun jagung tersebut (tanpa di pangkas).hal ini juga dapat membantu menjaga kelembaban serta dapat menekan pertumbuhan hama dan gulma.

Pemupukan dilakukan seperti biasa.Pada cabai dapat kita lakukan sistem pengocoran,dan pada jagung juga boleh kita lakukan penambusan(bumbun/dangir) setelah jagung dipupuk.Gulma yang ada di sekitar mulsa juga dapat sekaligus kita bumbunkan ke batang bawah jagung.

Kita juga dapat melihat pada batang,daun dan juga buah jagung dihinggapi hama.Terutama jenis kutu-kutuan.Hal ini secara tidak langsung juga telah membantu kita mengendalikan hama jenis tertentu.

Lakukan pemanenan seperti biasa,tentunya jagung akan kita panen terlebih dahulu dibandingkan cabai.

Yang perlu diingat setelah jagung selesai selesai dipanen adalah dengan membiarkan pohon jagung tetap berdiri diantara tanaman cabai.Hal ini untuk mengantisipasi perubahan suhu yang terjadi secara spontan.Biarkan sisa tanaman jagung mati atau rontok dengan sendiri,sehingga perubahan suhu terjadi secara pelan dan bertahap, sehingga masih tetap dapat melindungi tanaman cabai kita.


Itulah salah satu Manfaat dari Tanaman Jagung Pada Tanaman Cabai. Selain dapat melindungi tanaman lain,manfaat dari segi ekonomi juga bisa kita rasakan.

Semoga dengan pengalaman yang admin punya dan bagikan ini dapat menjadi pertimbangan dan juga pengalaman kita bersama serta menjadi motivasi bagi sesama petani muda indonesia.

                                                                                                                                     Terimakasih
                                                                                                                                       Wassalam



Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah