Cara Pengendalian Hama Helopeltis Pada tanaman Kopi


Assalamualaikum. Wr, wb.



Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi.

Dikesempatan ini admin akan berbagi pengalaman admin sebagai seorang petani, terkhusus pada serangan hama pada tanaman kopi. Dan artikel kali ini terkhusus pada hama helopeltis.

Sebelumnya  sedikit mengenai Helopeltis. Dijelaskan bahwa Helopeltis juga dikenal sebagai nyamuk, adalah kelompok heteropteran dalam keluarga Miridae. Mereka termasuk hama penting dari berbagai tanaman, termasuk kakao, jambu mete, kapas dan teh.Menurut Wikipedia.

Seiring perkembangan zaman hama juga ikut terus berkembang, dari yang dulunya mudah dikendalikan menjadi semakin kebal terhadap beberapa pestisida. Tidak dipungkiri serangan pun lebih meluas dari yang tadinya hanya menyerang beberapa jenis tanaman saja menjadi lebih meluas serangan ke beberapa tanaman sejenis.

Seperti contohnya di daerah kami khususnya, serangan hama helopeltis yang tadinya hanya menyerang perkebunan teh sekarang meluas hingga tanaman hutan kayu eucalyptus bahkan hingga perkebunan tanaman kopi. Tentunya hal ini membuat keresahan bagi kami khususnya para petani kopi.

Jika pada tanaman kakao hama helopeltis merupakan jenis hama penghisap buah, maka hampir sama bahayanya terhadap tanaman kopi.

Pada tanaman kopi serangan helopeltis hampir sama seperti serangan pada tanaman perkebunan teh, yaitu ditandai dengan bentuk pucuk-pucuk pohon yang menghitam akibat hisapannya. Tidak mustahil juga jika dibiarkan maka akan ada kekhawatiran helopeltis akan menghisap buah juga.

Menurut pengalaman hama ini lebih dominan ketika musim hujan, kemungkinan karena intensitas matahari yang rendah sehingga kelembaban meningkat.



Beberapa Cara Pengendalian Hama Helopeltis Pada tanaman Kopi.


  • 1. BIOPESTISIDA


Sudah sebaiknya langkah pertama yang kita lakukan adalah mengendalikannya dengan pestisida yang alami terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar tanaman kopi kita terhindar dari residu kimia yang dapat mengurangi kualitas cita rasa dan aroma kopi kita.

Beberapa bahan alami yang memiiki sifat sebagai pestisida diantaranya Tembakau, daun pepaya, daun sirsak,dan bawang putih. Beberapa senyawa aktif yang terkandug dalam bahan tersebut bersifat racun bagi serangga.

Cara membuatnya juga sederhana, minimal tiga dari bahan tersebut dicacah atau dirajang kemudian diblender dengan air secukupnya, atau dapat juga menggunakan parut manual.

Setelah halus tambahkan dengan air, dengan perbandingan 1liter air/1kg bahan. Setelah diaduk diamkan sekitar satu malam. Setelah didiamkan aduk kembali dan saring air kemudian simpan di dalam botol.

Untuk cara penggunaannya dapat dicampurkan dengan dosis 100cc/1liter air. (1/10). Jika kami biasa menggunakan spray ukuran 15 liter maka dosis yang kami gunakan sekitar 1 1/2 liter.


  • 2. Jamur BEAUVERIA BASSIANA

 Cara lain yang bisa kita gunakan adalah dengan menggunakan agen hayati berupa jamur beauveria bassiana.Cara kerja jamur ini bersifat farasit bagi serangga dengan cara menggerogoti tubuh serangga tersebut.

Hama helopeltis yang terkena jamur beauveria bassiana ini akan terinfeksi perlahan lalu tubuhnya akan dipenuhi jamur dan mati.

lebih lengkap baca juga mengenai Beauveria bassiana

Penggunaan jamur beauveria bassiana untuk mengendalikan Hama Helopeltis tentu akan efektif dimana kita ketahui perkembangan  Hama Helopeltis sangat dominan disaat musim hujan dimanakelembaban udara juga merupakan kondisi yang ideal untuk perkembangan jamur.


  • 3. PESTISIDA KIMIA.
Cara yang satu ini juga bisa dilakukan untuk mengendalikan Hama Helopeltis. Namun alangkah baiknya sebelum kita menggunakan bahan kimia ada baiknya jika cara yang alami lebih utama kita pergunakan.

Untuk penggunaan pestisida kimia, jenis pestisida yang petani kami gunakan sangat beragam.
Kebanyakan petani disini menggunakan jenis pestisida racun kontak dan lambung berbahan aktif alfametrin, sipermetrin, dan sejenisnya.

Aplikasi pestisida ini sebaiknya dilakukan disore hari dengan cara disemprot merata keseluruh lahan. Bukan hanya pada tanamannya saja. Dengan harapan dapat mengusir atau membunuh Hama Helopeltis yang bukan hanya terdapat dalam tanaman, tetapi seluruh Hama Helopeltis yang ada disekitar areal perkebunan kopi kita.

Demikianlah sedikit pembahasan kita mengenai Cara Pengendalian Hama Helopeltis Pada tanaman Kopi. Mudah-mudahan pengalaman ini dapat membantu para petani muda seluruh Indonesia.

Wassalam.

Komentar

  1. Permisi Ya Admin Numpang Promo | www.fanspoker.com | Agen Poker Online Di Indonesia |Player vs Player NO ROBOT!!! |
    Kesempatan Menang Lebih Besar,
    || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah