CARA MENGATASI SERANGAN ULAT PADA TANAMAN JAGUNG

Assalamu’alaikum. Wr, wb.

Ilmu Pertanian Alam | Salam petani muda Indonesia. Sedikit pengalaman akan lebih berarti jika saling berbagi.

Pada kesempatan kali ini hal yang akan kita bahas tentang bagaimana cara mengatasi serangan ulat pada tanaman jagung. Terutama hama Ulat.

Tanaman jagung merupakan salah satu jenis tanaman pangan yang banyak dibudidayakan oleh para petani Indonesia, selain mudah dalam perawatannya tanaman jagung juga sangat banyak sekali manfaatnya. Bahkan bisa Manfaat Tanaman Jagung Pada Tanaman Cabai.

Pada musim – musim tertentu, serangan hama pada tanaman jagung kerap menjadi tantangan bagi para petani. Seperti ulat grayak yang sering kita temui menyerang tanaman jagung kita.

Salah satu pestisida yang biasa kami pakai adalah insektisida berbahan aktif klorantraniliprol.

Cara pengaplikasian insektisida ini bermacam-macam, bisa disempurnakan, dan bisa pula sistem tabur.

Untuk yang jenis SC, dapat disemprotkan secara merata sesuai dosis yang tertera pada kemasan. Penyemprotan dilakukan hanya pada saat terdapat serangan ulat. Tidak perlu untuk pencegahan,dan pada saat tidak ada serangan sebaiknya tidak dilakukan penyemprotan.

Untuk yang berjenis GR, aplikasi dilakukan dengan cara menabur. Waktu menabur juga bermacam-macam. Ada yang pada saat terjadi serangan, ada juga yang pada saat dini sebelum terjadi serangan.

Penaburan diawal dapat dilakukan pada saat usia jagung 0-7 hst. Sedangkan penaburan pada saat terjadinya serangan dapat dilakukan dengan cara menaburkan insektisida ke dalam polong-polong pucuk jagung yang terserang.

Perlu diketahui bahwa, serangan hama ulat jagung ini bukan terus menerus ada, diwaktu tertentu terkadang kita dapat menanam jagung dengan tenang tanpa adanya serangan ulat.

Jenis serangan ulat juga Berbeda-beda tiap daerah. Dan pengendalian nya pun tentu bisa berbeda pula, tergantung  resistensi atau seberapa kebalnya hama didaerah tersebut.

Seperti didaerah kami dengan ketinggian sekitar 1130 mdpl. Sebelumnya serangan ulat pada tanaman jagung disini masih sangat rendah. Bahkan beberapa lahan hampir sama sekali tidak ada serangan. Kalaupun ada serangan pengendaliannya pun cukup mudah.

 Penyebab tingginya serangan juga dapat terjadi karena, kurangnya pengolahan tanah, tingginya pemakaian kimia, juga kurangnya rotasi tanaman.

Itulah cara kami mengendalikan hama ulat pada tanaman jagung yang sudah kami aplikasikan dan sudah terbukti ampuh. Selamat mencoba.

Wassalam.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Benih Cabai Sendiri

Pola Tanam Kopi PGS

Cara Memeram Pisang Dengan Karbit Buah